Minggu, 07 Februari 2010

RINGKASAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANG

RINGKASAN

NOVIYANTI EKA PRASETYA. Proses Pembuatan Otak-Otak Cumi (Loligo pealii) Di UD Sukses Mandiri Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (dibawah bimbingan Ir. Titik Dwi Sulistiyati, MP).



Praktek Kerja Lapang (PKL) tentang Proses Pembuatan Otak-Otak Cumi (Loligo pealeii) di UD Sukses Mandiri Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dilaksanakan pada bulan Agustus 2009. Maksud dari pelaksanaan PKL ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari secara langsung proses pengolahan otak-otak cumi. Sedangkan tujuannya adalah mendapatkan data sekaligus ketrampilan yang bersifat teknis tentang proses pembuatan otak-otak cumi mulai dari perolehan bahan baku sampai produk akhir dihasilkan, mengetahui proses penerapan sanitasi dan hygiene mulai dari penerimaan bahan baku sampai produk akhir dihasilkan, mengetahui sarana dan prasarana yang digunakan selama proses produksi serta untuk mengetahui biaya dan keuntungan yang diperoleh dari suatu proses produksi skala industri rumah tangga, untuk mendapatkan pengetahuan tentang proses pengolahan hasil perikanan, untuk mengetahui cara-cara pengolahan otak-otak cumi.
Bahan baku yang digunakan sebagai otak-otak cumi, antara lain cumi-cumi segar. Sedangkan bahan tambahan antara lain garam, bawang putih, bawang merah, cabe, kunyit, kencur, lengkuas, ketumbar, garam, gula, tepung terigu, telur, minyak goreng.
Tahapan dari proses pembuatan otak-otak cumi antara lain penerimaan bahan baku, penanganan bahan baku, pembersihan cumi, pembuangan tinta, pemotongan kepala, pencucian kembali, penghalusan daging cumi, pencampuran bahan, perebusan tubuh cumi yang akan dibuat otak-otak, penirisan, pengisian otak-otak, penggorengan, penirisan, pengemasan.
Hasil dari analisa proksimat pada otak-otak cumi yaitu kadar lemak 2,599%, kadar air 30,565%, kadar protein 17,674%, kadar abu 1,024%, dan kadar karbohidrat 47,283%. Dari hasil uji proksimat dapat diketahui bahwa kadar karbohidrat yang memiliki nilai gizi tertinggi sedangkan kadar gizi terendah yaitu kadar abu.
Analisa usaha pada pembuatan otak-otak cumi UD Sukses Mandiri diperoleh keuntungan per bulan Rp 5.270.000, R/C sebesar 1,064 yang berarti usaha ini memberikan keuntungan, BEP Rp 15.486.538,46.
Usaha pembuatan otak-otak cumi UD Sukses Mandiri, sebaiknya lebih meningkatkan aspek sanitasi dan hygiene pada seluruh rangkaian pembuatan otak-otak cumi, sehingga mutu produk otak-otak cumi yang dihasilkan dapat terjaga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar